Sabtu, 25 Juni 2016

Jazirah Arab

Jazirah Arab adalah sebuah jazirah/semenanjung besar di Asia barat daya, yaitu antara benua Asia dan benua Afrika. perbatasan pesisir jazirah  ini adalah:
Di barat daya -------> Laut Merah dan teluk Aqobah
Di tenggara ---------> Laut arab
Di timur laut -------> Teluk Oman dan teluk Persia

Jazirah Arab pada awalnya merupakan daerah yang subur, namun seiring berjalannya waktu terjadi pengeringan dan kini sebagian besarnya merupakan gurun pasir dan gunung berbatu.Tapi, masih ada daerah-daerah yang tanahnya masih subur, terutama yang di daerah pantai seperti Yaman, Yamamah, Hadramawut dan Ahsa. Di bagian tengah Jazirah Arab terdapat pula wilayah subur yang bernama Najd. Di luar itu, tidak ada sungai mengalir dan suhu udaranya sangat panas. Oleh karena itu, penduduk Arab biasanya suka berpindah-pindah tempat, kalo istilah gaulnya sih 'nomaden'. Mereka berpindah-pintah tempat untuk mencari lahan yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan ternak gembalanya.

Oia...penduduk asli Jazirah Arab adalah suku Badui. Letak geografis dimana mereka tinggal tentunya mempengaruhi perwatakan mereka. Mereka terkenal garang, pembalas dendam, suka berjudi dan suka berperang. Namun dibalik kegarangannya tersimpan jiwa yang lembut. Mereka sangat mengagumi keindahan syair, dermawan, jujur, tulus dan setia pada kabilahnya (golongannya).

Naaaah....kepada orang-orang inilah Nabi Muhammad diutusyang kelak dibawah bimbingan Rasulallah saw, mereka mampu membangun peradaban Islam yang luar biasa di dunia ini.

0 komentar:

Posting Komentar