Sabtu, 25 Juni 2016

Muthalib dan Abdul Muthalib

Muthalib adalah adik dari Hasyim.
Muthalib juga merupakan pribadi yang baik dan dicintai masyarakat, itulah sebabnya ia menggantikan posisi Hasyim di masyarakat Makkah dan diberi gelar "Al Fayyadh" yang artinya sang dermawan. Ketika itu, Muthalib mengetahui keponakannya di Yastrib yang tumbuh menjadi seorang remaja. Siapakah keponakan Muthalib???????
ya, dia adalah Syaibah.
Muthalib bermaksud membawa Syaibah ke Makkah untuk menjadikannya sebagai pengganti ayahnya. Ketika Muthalib bertemu dengan Syaibah, ia sangat terkejut karena Syaibah begitu mirip dengan ayahnya, Hasyim. Dengan izin Salma binti Amr ibunda Syaibah, Syaibah pun pergi meninggalkan ibunda tercintanya dan ikut pamannya ke Makkah.
Sebenarnya Salma binti Amr merasa sangat sedih dan tidak rela ditinggalkan oleh anaknya, karena hanya Syaibah yang ia miliki setelah kepergian suaminya. tapi kemudian ia relakan kepergian anaknya tercinta demi kebaikannya kelak. itulah cinta kasih seorang ibu yang rela melakukan apapun demi kesuksesan anaknya. (Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan kebahagiaan untuk ibu kita, aamiin).

Syaibah pun akhirnya pergi bersama pamannya ke Mekkah. Syaibah duduk di belakang pamannya yang menunggang unta. Setibanya di Makkah, masyarakat menyambut mereka dengan dengan gembira. Orang-orang meneriaki anak kecil yang dibawa oleh Muthalib dengan sebutan Abdul Muthalib yang artinya budak Muthalib, mereka menyangka Syaibah putra Hasyim adalah budak Muthalib. Meskipun Muthalib telah menjelaskan siapa anak yang dibawanya tersebut, tetapi masyarakat sudah terlanjur menyebutnya "Abdul Muthalib" sehingga nama "Syaibah" pun terlupakan.

Abdul Muthalib tumbuh dewasa dan kemudian menggantikan kedudukan ayahnya yang dahulu pernah digantikan oleh pamannya (Muthalib) menjadi pemuka masyarakat Makkah.
Abdul Muthalib kelak menjadi kakek dari Nabi tercinta kita, Muhammad saw. Pada masa pemerintahannya, ia melakukan perbuatan yang mulia dan masih dirasakan hingga saat ini oleh penduduk Makkah dan bahkan oleh umat Islam yang datang ke Makkah. --kita juga bisa merasakannya kalo dapat oleh-oleh dari yang sudah ke Makkah..^-^--
ada yang tauuuuuu??????

jreng jreng jreng....*_* yuhuuu, air zam-zam pemirsahhh...
ya, Abdul muthalib lah yang menggali kembali sumur air zam-zam.
Bagaimana ceritanya?? wait next upload, okay....


0 komentar:

Posting Komentar